Berita
Perkemahan Pramuka Madrasah 2017 Digelar di Babel

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah akan kembali menggelar Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN). Gelaran PPMN III ini akan diselenggarakan pada 14 – 20 Mei di Bumi Perkemahan Kobatin Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Kepastian penyelenggaraan PPMN III di Babel ini disampaikan oleh Direktur KSKK M. Nur Kholis Setiawan saat beraudiensi dengan Kwartir Nasional sebagai tingkatan tertinggi organisasi Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka). Audiensi yang berlangsung di kantor Kwarnas ini dimaksudkan untuk menyampaikan persiapan, sekaligus menggalang dukungan dan kerjasama kedua belah pihak.

M. Nur Kholis Setiawan menjelaskan, PPMN III Tahun 2017 diharapkan akan menjadi ajang siswa madrasah untuk lebih memahami dan membumikan Dasa Dharma Pramuka, mulai dari ketakwaan, cinta alam dan sesama, patriot, musyawarah, rela menolong, dan lainnya. Dari situ, PPMN diharapkan dapat memperkokoh wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, sekaligus kebersamaan siswa madrasah.

“PPMN juga diharapkan dapat mengasah corak kepemimpinan siswa yang religius, profesional, berintegritas, dan berkarakter,” katanya, Kamis (02/03).

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Kesiswaan Abdullah Faqih yang juga hadir dalam pertemuan dengan Kwarnas menjelaskan bahwa PPMN III Tahun 2017 akan diikuti tidak kurang dari 3.000 peserta, terdiri dari Pramuka Penegak, Official, Pembina Pendamping (Bindamping), serta Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda).

PPMN juga akan diikuti anggota pramuka perwakilan dari Kwarcab se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam proses penyelenggaraannya,Kementerian Agama akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Selama PPMN akan diselenggarakan beberapa kegiatan, seperti kegiatan keagamaan, peningkatan wawasan dan seni budaya, wisata, bakti masyarakat, dan juga kompetisi,” kata Faqih.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Bangka Belitung Kak Armi Rosdah menyambut baik dipilihnya Kabupaten Bangka Tengah sebagai tuan rumah. Hal sama ditegaskan juga oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Bangka Belitung Kak Hardijono yang ikut hadir dalam audiensi dengan Kwarnas.

“Tentu kami senang kita kembali menjadi tuan rumah untuk ivent-ivent kegiatan Pramuka tingkat nasional seperti PPMN, dimana tahun 2016 lalu kita juga sudah mengadakan kemah budaya tingkat nasional,” ujarnya. PPMN III tahun ini akan menjadi kali pertama yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK sejak adanya pemekaran Direktorat Pendidikan Madrasah.

Kedatangan tim Kemenag dan Kwarda ini diterima oleh Wakil Ketua (Waka) Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarnas Kak Susi Yuliati, Waka Bidang Badan Usaha Gerakan Pramuka (BUMGP) Kak Ridjal J Kotta, Perwakilan Dewan Kerja Nasional Kak Ahmad Zaky, dan Waka Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kak Abdul Shobur.

“Prinsipnya kami mendukung kegiatan PPMN, karena kegiatan kemah adalah bagian dari kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari Pramuka. Di sana banyak hal yang positif yang bisa diambil,” ujar Kak Shobur.