Berita
Kemenag Maluku Siapkan Kontingen Ke PPMN III Di Babel

Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Pendidikan Madrasah mulai fokus mempersiapkan kontingen Maluku untuk ikut serta dalam Pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tingkat Penegak di Provinsi Bangka Belitung (Babel) 17 Mei 2017 mendatang.

Kepala  Bidang  (Kabid) Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku, M. Hanafi Rumatiga mengatakan,  menindaklanjuti partisipasi itu, pihaknya  telah mengambil beberapa langkah  persiapan diantaranya   mengirimkan Petunjuk Teknis (Juknis)  PPMN III  kepada   kepala-kepala  madrasah kabupaten/kota se-Maluku   dalam  rangka mempersiapkan diri  sedini mungkin.

Ditegaskan,  untuk mengikuti momen nasional itu, tahun ini,  tidak akan dilakukan seleksi  peserta. Pertimbangannya adalah  tidak ada anggaran   yang tercantum dalam RKKL Bidang Pendidikan Madrasah pada tahun 2017.Meski begitu  Rumatiga memastikan  Siswa Madrasah di Maluku akan tetap ikut serta.”Bagaimana cara   agar kami tetap mengikuti yaitu  melakukan bedah Dipa   untuk bidang pendidikan madrasah.

Nah dari  pembedahan Dipa ini ada  beberapa kebijakan yang  kita ambil  dari beberapa kegiatan yang menurut kami punya korelasi dengan kegiatan PPMN yang kemudian direvisi,”ujar Rumatiga kepada koran ini diruang kerjanya, Selasa 7 Februari.

Menurut Rumatiga, untuk mendapatkan 16 peserta  kontingen perwakilan Maluku di PPMN III Provinsi Babel, pihaknya  menggunakan sistem rekrutmen dari setiap madrasah negeri yang memang sudah menyiapkan peserta sebelumnya.”Di Maluku  ada 9 Madrasah Negeri nah minimal satu orang  peserta dari masing-masing madrasah itu.

Sisanya akan diambil dari  madrasah swasta. Tentunya madrasah swasta ini sudah  memiliki siswa yang punya keterampilan dan kepramukaan yang luar biasa. Misalnya Madrasah Aliyah Al Mabrur Kota Ambon.Al-Mabrur ini sendiri telah menjadi  ikon kepramukaan dilingkup Madrasah.

“ tutur Dia sembari menambahkan,  dari 16 peserta perwakilan Maluku itu 2 diantaranya diambil dari OSIS Madrasah. Sebab nantinya ada kegiatan Latihan  Dasar Kepimimpinan (LDK) yang inklut dengan kegiatan PPMN.Ke 16 Peserta  perwakilan Maluku akan   dipersiapkan mengikuti beberapa mata lomba   yaitu,  Pentas Tari Kreasi Islami, Lomba Pengibaran Bendera, Orientasi Ke-Pramukaan, Film Pendek, Lomba  bercerita Bahasa Inggris tentang pahlawan Islam Indonesia, Inovasi Kewirausahaan, dan Pionering Aplikatif.”

Dari beberapa  mata lomba ini,  Film Pendek akan menjadi fokus  kami disamping  mata lomba lainnya.Sebab, ada siswa  yang memiliki potensi itu. Dia akan kita garap dan diberikan pembinaan lebih matang lagi Dengan modal tersebut diharapkan dapat mencapai  hasil maksimal. Meski tidak sempurna  secara keseluruhan  tapi jangan kita sampai tinggal secara keseluruhan.,”kata Rumatiga.

Dalam rangka mempersiapkan  siswa peserta PPMN, lanjut  Rumatiga juga akan dilakukan  karantina  selama  kurang lebih tiga minggu sebelum   peserta itu diberangkatkan ke Provinsi Bangka Belitung.”Saya  juga sudah  berkoordinasi dengan beberapa pembina bahwa  tiga minggu  karantina  peserta adalah waktu  yang cukup maksimal  untuk menyiapkan kontingen asal Maluku

.Selama  karantina peserta akan digodok dan diberikan pembinaan maksimal termasuk oleh Kuarda Maluku. “ungkap Dia sembari menjelaskan, tema Sentral yang  akan dibawah kontingen Maluku adalah “Membangun Kerukunan Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal”.

Bagi Rumatiga,  siswa madrasah di Maluku juga  memiliki potensi dan kemampuan yang sama dengan siswa yang ada diluar Maluku. Sebab itu melalui momentum PPMN III nanti  potensi dan kemampuan ini harus ditunjukan.”

Saya punya obsesi besar bahawa  kita tidak sebatas menjadi penonton pada kegiatan nasional. Lebih dari itu kita harus punya peran dan menjual potensi -potensi yang kita miliki.

Rumatiga berharap,  keikutsertaan peserta   dari Maluku pada momentum PPMN III itu selain  mencapai  tujuan, juga dapat memberikan motivasi kepada masyarakat di daerah bahwa  Madrasah Aliyah  juga punya peluang yang sama dengan sekolah-sekolah lain diluar madrasah.